Ratusan Ribu Orang Meninggal Karena Asma

Hari Asma se-dunia yang jatuh pada tanggal 6 Mei, senantiasa diperingati setiap tahun. Asma merupakan salah satu penyakit kronis dengan gejala sulit bernapas dan lengkingan yang berulang. Tingkat keparahan dan kekerapan penyakit ini sangat beragam pada tiap orang.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengestimasikan 300 juta orang menderita asma dan 255.000 orang meninggal karena penyakit ini pada tahun 2005. Penyakit kronis yang paling sering menyerang anak-anak tidak hanya menjadi masalah kesehatan masyarakat di negara berpendapatan tinggi. Asma menjadi masalah di seluruh negara tanpa memandang tingkat kemajuan. Demikian seperti dikutip dari situs resmi WHO.

Lebih dari 80% kematian asma terjadi di negara dengan pendapatan rendah. Asma dapat menyebabkan permasalahan berarti bagi perorangan dan keluarga serta dapat membatasi aktivitas seseorang dalam hidupnya.

Asma dapat menyerang beberapa kali dalam sehari atau seminggu. Pada beberapa kasus menjadi lebih parah selama melakukan aktivitas fisik atau saat malam hari. Selama asma menyerang, saluran napas membesar yang menyebabkan jalan udara menyempit dan mengurangi aliran keluar masuknya udara ke paru-paru. Asma kambuhan kerap menyebabkan sulit tidur, kelelahan, dan mengurangi tingkat aktivitas. Asma secara relativ memang memiliki tingkat kematian yang rendah dibandingkan dengan penyakit kronis lainnya, namun demikian sedikitnya ratusan ribu orang meninggal karena asma pada tahun 2005.

Dirilis dari: info@puskom.depkes.go.id

0 komentar:

Posting Komentar