Pengobatan Dilakukan dengan Pembedahan

JIKA muncul koreng pada puting susu tanpa penyebab jelas, sebaiknya segera memeriksakan diri. Umumnya luka pada daerah itu sering dianggap remeh dan dibiarkan. Akibatnya, penderita penyakit paget terlambat tertolong.

Menurut dr Ida Yuliati, jika kanker hanya ditemukan pada puting susu dan tidak ditemukan pada payudara, untuk mencegah kanker menjalar, dilakukan pengangkatan puting susu dan jaringan harus dilakukan. “Termasuk melakukan terapi penyinaran,” sebutnya.

Namun jika ditemukan suatu massa kanker jauh di dalam payudara, dipertimbangkan untuk menjalani terapi pembedahan, penyinaran, dan kemoterapi.

Ida mengatakan, pembedahan merupakan pengobatan yang utama pada penyakit paget. Sedangkan mastektomi (pengangkatan payudara) dilakukan jika kanker luas atau telah menyebar keluar dari puting susu.

Jika kanker terletak di dekat puting susu dan hanya melibatkan sejumlah kecil daerah di bawahnya, dilakukan pembedahan breast-conserving (menyisakan jaringan payudara sebanyak mungkin). “Jadi yang diangkat hanya puting susu, areola, dan jaringan di bawahnya serta sebagian kecil jaringan normal di sekitarnya,” tandas Ida.

Namun ada beberapa kasus penyakit paget pada puting susu, perlu dilakukan pengobatan lanjutan yang bisa berupa kemoterapi, obat penghambat hormon (tamoxifen) maupun terapi penyinaran.

Kemudian setelah menjalani pembedahan breast-conserving, biasanya dianjurkan menjalani terapi penyinaran terhadap jaringan payudara yang tersisa untuk mmemastikan tidak ada sel kanker yang tersisa. “Sedangkan pada kemoterapi digunakan obat antikanker untuk menghancurkan sel-sel kanker yang ada,” ujarnya.

0 komentar:

Posting Komentar