Diare Bisa Karena Kurang Gizi

Diare merupakan salah satu penyakit yang kerap ditemukan di masyarakat, mulai anak-anak hingga dewasa. Meski demikian, penyakit itu tidak boleh dianggap remeh. Bila tidak mendapatkan penanganan baik, bisa menyebabkan kematian.

“Jika penderita diare banyak sekali kehilangan cairan tubuh, dapat menyebabkan kematian, terutama pada bayi dan anak-anak di bawah umur lima tahun,” ujar dr Sabar Hutabarat SpA di tempat praktiknya di kawasan Simpang Pulai, Jambi.

Mengenai penyebab, dr Sabar mengatakan, biasanya peradangan usus yang disebabkan kolera, disentri, bakteri, virus, dan sebagainya.

Penyebab lain bisa karena kekurangan gizi, misalnya kelaparan atau kekurangan zat putih telur. Bisa juga karena keracunan makanan atau karena tidak tahan terhadap makanan tertentu. “Misalnya si anak tidak tahan meminum susu yang mengandung lemak atau laktosa,” kata Sabar.

Lalu bagaimana seseorang bisa terkena diare? Sabar mengatakan, diare dapat ditularkan melalui tinja yang mengandung kuman penyebab diare. Tinja tersebut dikeluarkan oleh orang sakit atau pembawa kuman yang buang air besar (BAB) di sembarang tempat. “Tinja tadi mencemari lingkungan, misalnya tanah, sungai, air sumur. Orang sehat yang menggunakan air sumur atau air sungai yang sudah tercemari, kemudian menderita diare,” sebutnya.

Untuk mencegah penularan, biasakan buang air besar di WC, bukan sungai atau tempat lain seperti pantai, sawah, atau sembarang tempat. “Agar terhindar terjangkit bakteri atau virus penyebab diare yang berasal dari kotoran orang lain yang terkena diare yang menyebar melalui air, debu, atau tempat-tempat tersebut,” kata Sabar.

Kemudian biasakan cuci tangan sesudah buang air besar hingga bersih, jika perlu menggunakan sabun. Tidak hanya itu, minum air dan makanan yang sudah dimasak, menyusui anak selama mungkin, di samping makanan lainnya sesuai umurnya.
Biasanya bayi yang minum susu botol lebih mudah diserang diare daripada bayi yang disusui ibunya. “Pada saat diare, tetaplah anak disusui,” pungkasnya.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

terimakasih untuk informasinya, sebenarnya klo dibiarkan tanpa di obati, penyakit apapun bisa menjadi berbahaya,

http://herbalkuacemaxs.com/pengobatan-herbal-diare/

Posting Komentar