Sehat dengan Senam Refleksi

MERANGSANG saraf dalam tubuh tidak hanya bisa dilakukan dengan pijat refleksi. Melalui senam juga bisa. Salah satu yang saat ini populer adalah senam refleksi.

Senam itu bisa menjadi pilihan relaksasi. Tidak hanya itu, juga baik dilakukan bagi orang yang baru pulih dari sakit. Bentuk gerakannya mudah namun langsung memberikan manfaat bagi kebugaran.

Menurut pelatih senam Wiwin bin Adibu, senam ini mudah dilakukan karena gerakannya sebenarnya sering dilakukan. “Bisa dilakukan dari anak-anak hingga orang tua,” ujarnya di Graha Pena Jambi Independent.

Senam refleksi lebih banyak menggunakan gerakan tangan dan jari. Ada 18 gerakan yang dilakukan. Frekuensi gerakan ada yang 4x8 dan 2x8.

Ia menyebutkan, ada gerakan tepuk tangan, tepuk jari, jalin tangan, silang ibu jari, adu sisi kelingking, adu sisi telunjuk, ketok pergelangan, ketok nada, tekan jari-jari, buka dan mengepal, menepuk punggung tangan, menepuk lengan dan bahu, menepuk pinggang, menepuk paha, menepuk samping betis, jongkok berdiri, menepuk perut, dan kaki jinjit. “Semua menggunakan tangan,” imbuh Wiwin.

Apa saja manfaat gerakan itu? Dosen Porkes Unja tersebut mengatakan, ada banyak manfaat gerakan tersebut. Ia mencontohkan, gerakan tepuk tangan bermanfaat merangsang kesadaran otak, mencegah strok dan penyakit saraf lainnya.

Gerakan tepuk jari bisa mendorong sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Sementara jalin tangan dapat melancarkan pembuluh nadi dan pembuluh darah balik. Silang ibu jari bisa menyembuhkan penyakit gigi, lidah mata, hidung, dan kuping. Adu jari kelingking berguna untuk mencegah penyakit jantung dan lain-lain. Adu sisi telunjuk bisa mencegah liver, paru-paru, limpa, dan ginjal. Masih banyak lagi manfaat yang lain.

Secara umum gerakan itu mampu merangsang saraf di sekitar tangan yang banyak berhubungan dengan organ-organ dalam tubuh. “Selain itu juga bisa untuk relaksasi dan menghilangkan pegal. Termasuk masuk angin,” ujarnya.

Gerakan lainnya bahkan bisa membantu meningkatkan vitalitas.

0 komentar:

Posting Komentar