Gigitan Ikan Baik untuk Kesehatan

Menurut dr Idrat S SpS, secara khusus belum ada penelitian medis terkait manfaat terapi spa ikan. Namun ia tidak menampik, jika dikaji secara logika medis, terapi spa ikan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Ia menjelaskan, ada beberapa hal yang mungkin bisa bermanfat bagi kesehatan, antara lain gigitan ikan merupakan satu sentuhan terhadap saraf sensorik. Sentuhan itu bisa menimbulkan reaksi positif berupa rasa senang.

Menurutnya, setiap sentuhan pada ujung-ujung saraf manusia akan menghasilkan enzim. “Enzim tersebutlah yang diduga bisa menyebabkan efek menyenangkan,” kata Idrat. Namun tidak kalah penting, pada terapi spa ikan, banyak fungsi rekreasi di sana,

Antara lain efek gigitan ikan akan memberikan sensasi yang juga tidak kalah menyenangkan, sehingga ada efek penyegaran pada otak. Selain itu, setiap ujung saraf memiliki rasa peka tersendiri

Sentuhan air yang dingin juga bisa membuat efek positif bagi sensasi otak berupa rasa segar dan fresh.

Tinjauan mengenai dampak gigitan ikan bisa menghaluskan kulit, ia membenarkan hal tersebut. Secara tidak langsung hal itu bisa membantu menghaluskan kulit. Meski efektivitasnya belum bisa dikaji secara ilmiah, secara teori hal tersebut ada benarnya. Untuk menciptakan kulit halus, sel-sel kulit mati harus dilepaskan. Dengan lepasnya sel-sel kulit mati, ada regenerasi pada bagian kulit tersebut.

Yang pasti, ada banyak fungsi rekreasi pada terapi spa ikan. Di dalam dunia medis, rekreasi juga merupakan salah satu unsur penyembuhan, walaupun pada pengobatan medis unsur rekreasi cuma unsur penunjang.

Jika ditinjau dari sisi kesehatan secara umum, rekreasi sangat penting. Perasaan bahagia dan senang juga merupakan unsur kesehatan mental, dan kesehatan mental berhubungan langsung dengan kesehatan fisik.

“Buktinya, jika seseorang dalam tekanan dan stres berkepanjangan, orang tersebut akan gampang terserang berbagai penyakit. Jadi berbagai sensasi pada terapi spa ikan sangat berguna untuk kesehatan,” tegasnya.

0 komentar:

Posting Komentar