Jangan Anggap Remeh, Eksim di Payudara

Bagi ibu menyusui, luka bekas gigitan anak pada payudara mungkin biasa. Apalagi terkadang ada yang sampai membentuk eksim alias koreng.

Tapi gejala itu sebaiknya tidak dianggap remeh. Apalagi jika tak kunjung sembuh. Koreng pada puting bisa jadi merupakan gejala kanker payudara yang dikenal dengan penyakit paget.

Menurut dr Hj Ida Yuliati MHKes, penyakit paget pada puting susu adalah sejenis kanker payudara yang pertama kali muncul sebagai luka terbuka pada puting susu yang berkeropeng dan bersisik. “Kadang juga ada cairan yang keluar dari puting susu,” ujarnya kemarin.

Paget memang jarang terjadi dan hanya berkisar 1 persen dari semua kanker payudara. Biasanya terjadi pada wanita berusia 50 tahun.

Mengenai penyebab, Ida mengatakan, hingga saat ini belum diketahui pasti. Penyakit itu umumnya pertama kali tumbuh di dalam saluran air susu pada puting susu.

Ia menjelaskan, gejala dari paget adalah kulit pada puting susu dan areola (daerah berwarna cokelat di sekelilling puting susu) tampak merah dan meradang serta membentuk keropeng dan borok. Kadang juga mengalami perdarahan.

“Kondisi luka terbuka pada puting susu tidak sembuh-sembuh dan disertai gatal-gatal dan perih, biasanya unilateral atau hanya satu puting susu yang terkena,” jelas Ida. Kadang disertai benjolan pada payudara, namun kadang tidak.

Secara umum, penyakit paget pada puting susu menyerupai eksim, dermatitis, atau psoriasis. Oleh karena itu, agak sulit membedakan penyakit paget dari beberapa penyakit eksim,, dermatitis atau psoriasis tersebut.

Jika muncul eksim di daerah payudara, sebaiknya tidak malu segera memeriksakannya. Jika memang dicurigai gejala penyakit paget, biasanya akan dilakukan biopsi pada kulit dan jaringan payudara di bawahnya, sitologi kerokan kulit, serta mammogram.

0 komentar:

Posting Komentar