Pertolongan Pertama pada Asma

PENYAKIT asma adalah salah satu penyakit yang berhubungan dengan saluran pernapasan, yaitu adanya penyempitan, peradangan, dan kontriksi otot bronkrus.
Pada kedua keadaan tersebut, yang pertama kali dirasakan seorang penderita asma adalah sesak napas, batuk, atau rasa sesak di dada. Serangan bisa berlangsung dalam beberapa menit atau bisa berlangsung sampai beberapa jam, bahkan selama beberapa hari.
Suatu serangan asma dapat terjadi secara tiba-tiba ditandai dengan napas yang berbunyi (wheezing, mengi, bengek), batuk, dan sesak napas. Bunyi mengi terutama terdengar ketika penderita mengembuskan napasnya. Di lain waktu, suatu serangan asma terjadi secara perlahan dengan gejala yang secara bertahap semakin memburuk.
Pertolongan pertama pada orang menderita serangan asma sebenarnya mudah dan sangat penting. Apabila terlambat ditangani, dapat berakibat fatal. Caranya sebagai berikut:
1. Pada saat Anda menemui orang yang terkena serangan asma, hendaklah cari tempat yang nyaman (bisa dibawa ke tempat tidur atau ruangan yang memungkinkan penderita dapat beristirahat dengan tenang).
2. Usahakan posisi penderita dalam keadaan setengah duduk dengan pundak bersandar pada bantal atau tembok atau apa saja. Jangan sekali-kali diposisikan dalam posisi tidur! Itu dapat memperparah penyakit yang diderita, sebab saluran pernapasannya dapat tersumbat karena posisi tidur yang salah.
3. Penolong hendaklah tidak panik. Ajak si penderita ngobrol (kalau memungkinkan). Kalau tidak memungkinkan, tenangkan dan hibur penderita. Hal itu dapat sangat membantu kepulihan penderita walaupun hanya sementara.
4. Pijit pada daerah syaraf paru-paru yang terletak di atas jempol kaki (sekitar 3-5 cm), tepat di daerah ruas antara jempol dan jari telunjuk kaki. Teknik pijitnya harus secara perlahan-lahan.
5. Beri penderita air hangat. Walaupun sedikit, berfungsi agar penderita tenang.
6. Bila usaha di atas Anda usahakan selama 15 menit belum ada kemajuan, segera bawa ke dokter terdekat.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

OoO begitu yach....
tks infox..!!!
dulu pernah nemu org yg tiba-2 asma, tapi bingung mau bikin apa..

Posting Komentar